Ada Apa Dengan Ikan Mas Arsik?

0
2310
views
ikan mas arsik
ikan mas arsik

Siapa yang tak tahu dengan ikan mas arsik? Makanan khas tapanuli utara ini seolah-seolah sudah mencari perhatian orang banyak dengan rasanya yang menggetarkan lidah. Tak hanya suku batak namun makanan ini juga sudah mencuri banyak suka lain. Ikan mas arsik memang menjadi andalan suku batak. Ikan ini biasa disajikan di arisan keluarga atau marga, acara pernikahan, atau acara lainnya. Apakah anda tahu mengapa makanan ini sangat terkenal?

Wanita batak dikatakan pintar memasak jika bisa memasak ikan mas arsik

Jika anda mengunjungi Pulau Samosir, anda akan menemukan ikan mas arsik ini di hidangan meja anda. Wanita batak dikatakan pintar memasak jika bisa memasak ikan mas arsikDahulu ikan mas arsik ini adalah persembahan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bagi nenek moyang. Dilihat dari sejarahnya, ikan mas arsik memiliki lambang panjang umur dan kemurnian hidup. Ikan mas arsik ini juga disebut dengan dekke sitio-tio atau dekke simudur-udur.

Ikan Mas Arsik menjadi Simbol Bagi Orang Batak

Dalam setiap acara, ikan mas yang disajikan memiliki arti yang berbeda-beda. Contohnya dalam pasangan yang baru menikah  ikan mas yang disajikan adalah satu ekor, sedangkan untuk pasangan yang baru memiliki anak adalah tiga ekor,lalu  bagi yang sudah memiliki cucu adalah lima ekor dan untuk pemimpin adat batak adalah tujuh ekor ikan mas arsik. Wow, sangat unik ya adat batak.

Mulai dari kelahiran, menikah hingga meninggal bagi orang Batak masing-masing memiliki prosesi yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan. Pada prosesi ini ada pesan adat yang harus disampaikan. Dekke na niarsik atau ikan mas arsik adalah wujud nyatanya. Yakni sebuah hidangan khas Batak yang menjadi simbol berkat kehidupan.

Ikan Mas Arsik Memiliki Manfaat dan Kandungan Gizi

  • Memiliki Kandungan Omega 3

Kandungan omega 3 pada ikan mas sangat baik, terutama untuk jantung arteri vena (pembentuk sistem kardiovaskular). Omega 3 juga mengontrol detak jantung dan bisa melebarkan pembuluh arteri yang sempit karena kelebihan lemak. Mengkonsumsi ikan mas dua porsi/minggu mampu menekan resiko kematian akibat gagal jantung. Dengan begitu, berarti omega 3 juga berperan dalam mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Sehingga kolesterol pun ikut terkontrol. Manfaat lainnya, yaitu menstimulasi sel agar berkembang lebih cepat. Dengan demikian, sangat membantu pertumbuhan tinggi badan. Nutrisi yang sama juga ada pada manfaat dan kandungan gizi dari ikan tuna.

  • Minyak Ikan

Docosa Hexaenoic Acid atau DHA yang terkandung dalam minyak ikan mampu merangsang perkembangan otak, terutama pada anak-anak. Otak yang berkembang, akan membuat mereka cerdas, memori kuat dan semangat belajar pun tumbuh. DHA juga mampu mencegah penyempitan pembuluh darah otak. Untuk orang dewasa, minyak ikan berperan dalam mengontrol kolesterol karena memacu keluarnya kolesterol baik atau HDL. Selain itu, minyak ikan juga mampu menurunkan macula, glaucoma dan sindrom mata kering. Kandungan tersebut juga membantu Anda supaya awet muda. Ada juga minyak ikan EPA (Eikosa Pentaenoat Acid) yang apabila bersatu dengan DHA menjadi omega-3 kompleks. Tugasnya menurunkan kolesterol, trigliserida serta lipoprotein. Sehingga mampu mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.

  • Kandungan Lemak

Mampu mengontrol berat badan, dengan kandungan minyak ikan yang dapat mengurangi lemak jahat. Karena kadar kalorinya rendah, ikan mas juga sangat cocok menjadi menu diet.

Ikan Mas Arsik Merupakan Kuliner Sakral Bagi Orang Batak

ikan mas yang diberikan haruslah dalam jumlah ganjil, yaitu satu, tiga, lima, tujuh. Masing-masing jumlah ini memiliki arti sesuai dengan ketentuan adat Batak. Artinya yaitu :

Satu ekor diperuntukkan bagi pasangan yang baru menikah

Tiga ekor bagi pasangan suami- istri yang mendapatkan anak

Lima ekor bagi orang tua yang sudah mempunyai cucu

Tujuh ekor diperuntukkan bagi pemimpin bangsa Batak saja. Dan jarang dipergunakan dikarenakan jumlah ini dianggap sudah melewati batas masa kehidupan seseorang.

Jika anak lahir, terutama jika yang lahir adalah anak pertama. Sesuai hukum adat Batak, pihak hula-hula (kelompok marga dari si ibu) harus menyediakan pasu-pasu yang dimanifestasikan dalam bentuk dekke na niarsik.

Tiga ekor ikan Mas yang diberikan melambangkan bahwa telah bertambah satu orang anggota dalam keluarga tersebut. Satu untuk si Bapak, satu bagi ibunya, dan satu lagi untuk anak yang baru lahir tersebut.

Bagi pasangan yang baru menikah, jumlah ikan yang diberikan orang tua sigadis hanya satu ekor ikan mas yang mana ini melambangkan harapan bahwa kedua orang yang mengikat diri dalam jalinan pernikahan tersebut telah menjadi satu.

Ikan mas yang diberikan ini sekaligus melambangkan berkat-berkat dari orang tua yang melepas si gadis karena ia telah menjadi bagian dari keluarga suaminya. Ikan mas yang diberikan adalah ikan betina yang bertelur.

Hal ini diwajibkan bagi pasangan suami-istri yang baru menikah sebagai pertanda bahwa orang tua si perempuan berharap agar borunya (anak perempuan) dapat memiliki keturunan.

Penyajian dekke ini pada dasarnya tidak boleh sembarangan dikarenakan banyaknya makna yang terkandung didalamnya. Dekke yang akan disajikan haruslah tetap dalam kondisi utuh, mulai dari kepala hingga ekor.

Sisiknya pun tidak boleh dibuang. Ini melambangkan gambaran utuh kehidupan manusia. Ikan tidak boleh dipotong-potong karena orang yang menerimanya tidak akan memperoleh keturunan, memotong-motong ikan ini sama artinya dengan mengharapkan orang yang menerimanya tidak memperoleh keturunan.

Selain itu dekke na niarsik ini harus disajikan dalam posisi berenang dengan kepala menghadap ke orang yang menerimanya. Bila jumlahnya lebih dari satu, maka semua ikan harus dibariskan sejajar.

Dalam bahasa Batak disebut dekke siudur-udur, keluarga yang menerima ikan ini diharapkan dapat berjalan sejajar atau beriringan menuju arah dan tujuan yang sama.

Sehingga bila ada permasalahan dan rintangan yang menghalangi dapat diselesaikan secara bersama oleh setiap anggota keluarga.

Biar kau gak dibilang dalle lagi instal tarombo batak ini 😀 .

Aplikasi Tarombo Batak
Aplikasi Tarombo Batak

Baca juga : Sinamot, Tuhor ni Boru Dianggap Menghina. Apa yang salah dengan Kalimat itu?

Leave a Reply