Alasan Mengapa Kita Harus Mempertahankan Tor-Tor Milik Suku Batak

0
1366
views
Tor-Tor Milik Suku Batak
Tor-Tor Milik Suku Batak

Tor tor adalah tarian tradisional orang batak, tor-tor batak tidak pernah lari dari adat dari orang batak. Batak adalah suatu suku yang menggunakan tor-tor dalam kehidupannya sehari-hari. Mungkin kita hanya menganggap tor-tor hanya dipake ketika ada acara adat namun jika kita melihat gerakan dari tor-tor, kita dapat melihat bagaimana sebenarnya suku batak sendiri. Dari gerakan orang batak dalam tor-tor kita dapat menyimak bahwa gerakan tersebut telah digunakan untuk kehidupan sehari hari. Dimana gerakan itu sebenarnya digunakan ketika kita bertemu orang yang lebih tua dari kita seperti Suku batak yang dulu menggunakan tor-tor ketika bertemu raja batak. Gerakan tor-tor orang batak yang dulu menggambarkan gerakan menghormati raja batak atau bentuk menghargai raja batak yang telah membentuk Suku batak ini.

Baca juga : Peristiwa Yang Terjadi Karena Begu Ganjang

Masalah sekarang semakin sedikitnya kita orang batak tidak senang lagi dengan gerakan ini, kita menganggap bahwa tor-tor batak tidaklah menjadi jiwa yang membanggakan orang batak lagi. Setelah kemajuan zaman yang sangat pesat dan pengaruh perkembangan dari luar negeri membuat tor tor semakin hilang namanya. Banyak masalah yang akan terjadi jika kita menghilangkan tor tor dari kehidupan orang batak:

Suku batak tidak akan ada lagi

SUKU BATAK TIDAK AKAN ADA LAGI
SUKU BATAK TIDAK AKAN ADA LAGI

Jika tor-tor dihilangkan dari kehidupan orang batak maka orang batak tidak akan memegang teguh penghormatan bagi raja batak dan tidak lagi menghormati orang yang lebih tua karena tor-tor inilah yang menjadi pengingat bahwa kita orang batak berasal dari batak dan dibentuk oleh orang yang lebih tua atau si Raja batak sendiri.

Kultur orang batak akan dicuri oleh negAra lain atau suku yang lain

KULTUR ORANG BATAK AKAN DICURI OLEH NEGARA LAIN ATAU SUKU YANG LAIN
KULTUR ORANG BATAK AKAN DICURI OLEH NEGARA LAIN ATAU SUKU YANG LAIN

Seperti zaman sekarang malaysia sekarang telah mengklaim bahwa tor-tor adalah milik suku malaysia. Pertanyaannya sekarang apakah kita ingin tor-tor menjadi milik orang lain yang bukan suku orang batak? Jika memang tor-tor telah dicuri dari kehidupan orang batak maka etnis dari batak juga akan hilang dan lenyap dan tidak dapat berkembang lagi.

Anak cucu kita sebagai orang batak tidak mengetahui lagi apa itu suku batak sebenarnya

ANAK CUCU MANOTTOR
ANAK CUCU MANOTTOR

Jika tor-tor hilang maka anak cucu kita sendirilah yang akan melupakan suku batak. Karena mereka tidak mengetahui bagaimana makna sebenarnya dari tor-tor dan hal apa saja yang membuat tor-tor menjadi alat mempersatu suku batak. Dan anak cucu kita mungkin akan beralih ke kehidupan suku atau negara lain, jika ini terjadi sama saja populasi dari orang batak akan semakin berkurang dan mungkin akan menghilang.

Adat dalam suku batak tidak akan ada

ADAT DALAM SUKU BATAK TIDAK AKAN ADA
ADAT DALAM SUKU BATAK TIDAK AKAN ADA

Tor-torlah yang menjadi hal penting dalam adat batak, tanpa tor-tor adat batak tidak akan berlangsung. Tor-tor lah yang akan menjadi salah satu momen yang membuat setiap orang batak yang mengikuti adat batak saling mengenal dan dapat menjadi satu keluar batak.

Kultur di Indonesia akan berkurang

KULTUR DI INDONESIA AKAN BERKURANG
KULTUR DI INDONESIA AKAN BERKURANG

Indonesia yang dianggap yang mempunyai banyak kultur dan jika salah satu kultur dari Indonesia dicuri maka Indonesia sendiri telah gagal dan mempertahankan kesatuan dari NKRI sendiri.

Baca juga : Argumen kosmologis tentang keberadaan begu ganjang

Inilah alasan kita untuk mempertahankan tor-tor dalam kehidupan kita sebagai orang batak. Jangan hanya melihat perkembangan zaman modern sekarang tapi ingatlah kita berasal dari batak dan mati juga harus menjadi suku batak. Jangan kita malu mempertahankan apa yang dimiliki suku batak tapi kita harus bangga untuk memperkenalkan etnis batak kepada orang lain yang bukan suku batak supaya batak menjadi  semakin maju dan berkembang.

Leave a Reply