Apa ? Mie Gomak Mengandung Formalin!

0
2079
views
mie gomak mengandung formalin
mie gomak mengandung formalin

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan, Yulius Sacramento, mengatakan ternyata Kota Pematang Siantar adalah target pasar empuk peredaran mie, yang mengandung formalin dan borak. Setelah diketahui kota tersebut diperkirakan sedikitnya 1,6 ton setiap harinya diproduksi mi mengandung formalin dan borak.

“Dari enam industri mi kuning yang telah disidak semua mengandung bahan berbahaya, yakni formalin dan borak. Produk mi yang mengandung bahan berbahaya itu sekitar 800 kg di empat sarana, sedangkan dua lagi sudah tidak ditemukan mi, hanya ditemukan formalin dan borak,” katanya Senin (12/6).

Bahan bahaya tersebut telah diakui digunakan oleh ke enam industri tersebut sejak lama. Bahkan, mereka sengaja menggunakan bahan formalin dan borak dengan dalih tidak mengetahui bahan tersebut berbahaya.

Hal ini dikhawatirkan dilakukan sebagian besar pelaku usaha industri mie kuning di Kota Pematang Siantar. Karena itu, pihak berjanji akan melakukan pengembangan kasus tersebut dan akan terus melakukan sidah kesejumlah industri mi lainnya.

“Masih dilakukan terus proses, apakah mereka tersistematis dan ada yang mengkomandoi atau gimana. Semua akan kita proses dengan bekerjasama Dinkes Kota Pematang Siantar, permasalahan ini terntu harus serius ditindaklanjuti demi keselamatan masyarakat dari makanan berbahaya. Apalagi Kota Pematang Siantar termasuk konsumsi mi yang banyak,” ujarnya.

Apakah mie gomak  salah satu makanan khas orang batak sudah mengandung formalin?. Kita tunggu informasi dari pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Leave a Reply