Dali ni Horbo Kejunya Orang Batak Sungguh Nikmat

0
1016
views
Dali ni Horbo Kejunya Orang Batak
Dali ni Horbo Kejunya Orang Batak

Dali ni Horbo atau Bagot ni horbo adalah air susu kerbau yang diolah secara tradisional dan merupakan makanan khas Batak dari daerah Tapanuli. Konon menurut ceritanya, tradisi mengolah susu kerbau menjadi dali sudah dimulai oleh leluhur orang batak semenjak adanya komunitas batak. Pada setiap rumah makan khas batak, dali menjadi menu utama. Untuk mendapatkan dali, umumnya di setiap onan (pasar) di daerah Tapanuli, dali menjadi komoditas dagangan.

DALI HORBO Ada juga yang menyebutnya bagot horbo. Dalam bahasa batak, keduanya berarti susu kerbau. Dali Horbo bentuknya seperti tahu yang dibuat dari susu kerbau yang sudah diproses menjadi dadih.

Susu yang diambil dari hasil perahan direbus sekitar 10 menit dalam wadah yang steril dengan menambahkan air nenas untuk membantu pengentalan susu serta mengurangi aroma keamisan. Dali juga bisa dicampurkan dengan air perasan daun pepaya.

Dalam proses pembuatan dali horbo, susu kerbau dimasak di atas api kecil hingga mendidih dan mengental. Teksturnya yang padat seperti tahu disebabkan air daun papaya yang ditambahkan kedalamnya. Itu juga alasan di balik warna kehijaun susu ini.

RESEP DALI Ni HORBO

Untuk mengolah Keju Batak ini bukanlah hal sangat yang sulit. Karena, semua bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, begitupun dengan cara membuatnya, sungguh praktis. Jadi, bagi anda yang baru pertama sekali mencobanya pun tidak perlu khawatir. Berikut ini, resep andalan batak untuk membuat dali ni horbo.

Bahan untuk membuat Bagot ni Horbo:

  • 1 liter susu kerbau (Jika tidak ada, anda dapat membuat Dali ni Sapi, karena nikmatnya akan terasa sama)
  • Air perasan 1 lembar daun pepaya hijau yang segar(Untuk mengurangi bau amisnya).
  • Perasan air nenas segar dari separuh nenas (Untuk membantu proses pengentalan).

Cara membuatnya

Pembuatan dari Keju Batak ini, begitu sangat praktis. Masukkan susu kerbau atau sapi kedalam panci yang steril, dan rebus hingga mendidih (kurang lebih 10 menit). Kurangi besarnya api, dan masukkan air nenas secara perlahan untuk membantu pengentalan. Tambahkan air perasan daun pepaya secukupnya, dan didihkan beberapa menit lagi. Setelah itu, angkat dari api, lalu tuangkan ketempat penghidangan terakhir dan biarkan hingga dingin. Jika anda memiliki pendingin, silahkan masukkan kedalam pendingin, supaya hasilnya semakin segar.

Sebenarnya, dalam proses pembuatan Dali ni Horbo ini, susu kerbau dimasak di atas api kecil hingga mendidih dan mengental. Dalam proses pemasakan, biasanya akan muncul buih-buih pada bagian atas susu yang sedang dimasak. Buih-buih ini harus diambil sedikit demi sedikit hingga perlahan-lahan susunya akan mengental. Teksturnya yang padat seperti tahu atau keju itu karena air daun papaya yang ditambahkan kedalamnya, sehingga memiliki warna kehijauan yang terdapat pada susu dan membuatnya lebih menarik.

Lebih nikmat dimasak dengan bumbu arsik

Bagot ni horbo ini lebih sedap lagi rasanya jika dimasak dengan bumbu arsik. Arsik merupakan masakan khas suku batak yang biasanya memakai ikan mas sebagai bahan dasarnya. Namun bagot ni horbo ini juga sangat lezat rasanya jika dimasak arsik dengan campuran bumbu-bumbu antara lain seperti mobe, andaliman, bawang batak, kunyit, jahe, sere, lengkuas secukupnya dan bumbu batak lainnya

Dali atau Bagot ni horbo ini, dapat langsung dikonsumsi karena sudah melalui proses pematangan. Namun, seperti yang kita ketahui Keju Batak ini akan semakin nikmat jika dimasak dengan bumbu arsik. Dan, pada saat ini, kebanyakan untuk jenis masakan yang menggunakan Dali ni Horbo dibeberapa restoran yang menyebar di Sumatera Utara adalah masakan Arsik Dali ni Horbo.

Baca juga : Sejarah Becak Siantar Si Motor Legendaris

Leave a Reply