Fakta Fakta Unik Karnaval Danau Toba 2017

0
855
views
Fakta Unik Karnaval Danau Toba 2017
Fakta Unik Karnaval Danau Toba 2017

Pemerintah Kabupaten Tobasa yang didukung Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Sumatera Utara menggelar event besar bertajuk Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige. Even tahunan ini kembali digelar sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan even ini sebagai agenda tahunan, seperti kemeriahan tahun lalu untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Karena budaya, diakui sangat strategis memperkokoh persatuan bangsa dan sekaligus lebih mengenalkan pesona Danau Toba keseluruh dunia. Namun dibalik kemeriahan dan kesuksesan karnaval danau toba 2017 ada beberapa fakta unik yang terjadi pada karnaval danau toba 2017. Berikut fakta fakta unik karnaval danau toba 2017 :

Karnaval Pesona Danau Toba 2017 Sempat Tertunda

KARNAVAL PESONA DANAU TOBA 2017 SEMPAT TERTUNDA
KARNAVAL PESONA DANAU TOBA 2017 SEMPAT TERTUNDA

Setelah sempat tertunda karena bersamaan dengan gelaran Akbar Karnaval Kemerdekaan di Bandung dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, kini Pemerintah Kabupaten Tobasa yang didukung Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Sumatera Utara sudah dilaksanakan 100% menggelar Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige Kabupaten Toba Samosir 10 September. Persiapan sudah 100%, Event tahunan ini sudah digelar sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan even ini sebagai agenda tahunan untuk memperkokoh persatuan bangsa dan sekaligus membawa Pesona Danau Toba lebih mendunia, dan tentunya siap dipersembahkan untuk para wisatawan.

Dua Menteri Hadiri Karnaval Pesona Danau Toba 2017

DUA MENTERI HADIRI KARNAVAL PESONA DANAU TOBA 2017
DUA MENTERI HADIRI KARNAVAL PESONA DANAU TOBA 2017

Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2017 ini dihadiri 2 Menteri yakni Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dan pada karnaval tahun ini antusiasme masyarakat terlihat sangat meriah, tidak kalah meriahnya dengan karnaval tahun 2016. Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2017 dilepas dari depan SMA N 1 Balige, Minggu (10/9) oleh Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sumut Dr Erry Nuradi, Kapolda Sumut dan para bupati sekawasan Danau Toba. Karnaval finish di Pasar Balige.

Luhut pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengembangkan budaya daerah khususnya dan untuk Indonesia pada umumnya. “Presiden sendiri meminta supaya kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan di berbagai tempat untuk menarik turis dan mengembagkan budaya kita. Tujuannya untuk mengembangkan budaya kita. Jangan budaya kita hilang karena modereniasi,” ujar Luhut.

Mossak kalah populer dengan kungfu naga sakti

mocak seni bela diri batak toba
mocak seni bela diri batak toba

Begitupun dengan sejumlah rangkaian acara yang digelar dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2017, nampaknya tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Agenda telah dimeriahkan dengan acara utama, seperti karnaval di jalan utama, mobil hias, cecak hias, atraksi seni budaya, seperti permainan tradisional martumba, pertunjukan uning-uningan, festival kuliner,moccak dan lain lain. Namun pada tahun ini mossak seni bela diri sumatera utara kalah populer dari seni bela diri kungfu naga sakti. Sementara seperti yang kita ketahui mossak adalah seni bela diri yang diwariskan leluhur kita sebelumnya dan alangkah baiknya kita melestarikan mossak ini dan lebih mempopulerkannya kembali.

Total peserta karnaval sekitar 2.227 dan 500 diantaranya merupakan peserta inti

TOTAL PESERTA KARNAVAL SEKITAR 2.227 DAN 500 DIANTARANYA MERUPAKAN PESERTA INTI
TOTAL PESERTA KARNAVAL SEKITAR 2.227 DAN 500 DIANTARANYA MERUPAKAN PESERTA INTI

Sedikitnya 2.227 peserta akan meramaikan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu 10 September 2017. Ribuan peserta tersebut berasal dari berbagai komunitas, seniman, dan perwakilan penyelenggara festival di 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba. “Tahun lalu, semua orang merinding karena kemeriahan Karnaval Pesona Danau Toba,” aku Menpar Arief Yahya. 500 di antaranya merupakan peserta inti untuk manghunti tandok (menjunjung tandok).

Baca juga : Ibu Sri Mulyani Menyanyikan Lagu Batak Sai Anju Ma Ahu

Leave a Reply