Inilah Faktor Penyebab Terjadinya Mangalua (Kawin Lari)

0
2293
views
kawin lari dalam adat batak
kawin lari dalam adat batak

Perkawinan merupakan suatu bentuk ikatan antara dua orang yang berlainan jenis kelamin, atau antara seorang pria dan seorang wanita di mana mereka mengikatkan diri untuk bersatu dalam kehidupan bersama. Proses ini melalui ketentuan yang terdapat dalam masyarakat laki-laki yang telah mengikatkan diri dengan seorang wanita setelah melalui prosedur yang ditentukan dinamakan suami dan wanita selanjutnya disebut sebagai istri. Mangalua adalah kawin lari. Secara bebas, manga adalah melaksanakan dan lua adalah membawa atau lari. Secara leksikal berarti melaksanakan kegiatan membawa lari atau melarikan. Berikut faktor yang menyebabkan terjadinya Mangalua :

kawin lari dalam adat batak
kawin lari dalam adat batak

Faktor Suku Dan Agama

Orang Batak Pada umumnya kuat idealismenya dalam hal kesukuan dan keagamaan. kita dapat melihat bahwa dimanapun orang batak berada selalu menunjukkan ke batakannya. Hal itu dijelaskan dengan adanya konsep halak hita disetiap jiwa orang batak.

Memang dalam kemajuan dewasa ini sering kita dengar bahwa hal-hal kesukuan seperti itu lambat laun telah mulai dihilangkan, dengan tidak begitu, membedakan kesukuan dan keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Tetapi kenyataannya, kita dapat lihat dalam masyarakat batak masalah ini sering menghalangi seseorang menuju jenjang perkawinan sehingga terjadinya magalua atau kawin lari.

Faktor Pendidikan

Masalah pendidikan adalah tinggi rendahnya pendidikan yang telah diperoleh seseorang secara formal maupun non formal dalam membentuk seteru pemikiran yang lebih maju daripada orang-orang yang tidak menjalaninya.

Sering dikatakan bahwa dengan lebih tingginya pendidikan seseorang akan kurangnya keinginan untuk melakukan perkawinan dengan cara mangalua, Karena seseorang itu dianggap lebih maju memikirkan akibat-akibat  negatif dari mangalua tersebut. Jadi pada dasarnya menurut orang batak dengan pendidikan yang minim membuat seseorang melakukan magalua.

Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi dikatakan merupakan salah satu penyebab dilaksanakannya mangalua. Hal ini dihubungkan dengan mata pencaharian, serta jumlah anggota keluarga dalam suatu rumah tangga, sehingga ada pengelompokan kaya, menengah dan miskin. Uang sinamot terkadang menjadi salah satu kendala yang membuat seseorang harus melakukan kawin lari atau dalam istilah batak mangalua. Dikarenakan salah seorang dari dua orang yang saling mengasihi adalah orang yang berada dan seorang lagi orang yang hanya berkecukupan membuat pihak-pihak dari keluarga mengeluarkan ego sendiri. Karena terkada keluarga dari kedua belah pihak lebih mementingkan harga diri dari pada cinta yang dimiliki oleh pasangan kekasih tersebut.

Leave a Reply