Karmila Purba Si Ratu Tong Setan

0
3898
views

Tong setan, kamu pasti lebih suka menyebutnya seperti itu. Padahal nama aslinya biasanya disebut dengan Tong Stand atau Roda Gila. Dengan pengemudi edan, ahli dan bernyali. Namun terkadang lidah lokal lebih renyah untuk diucapkan. Mengganti kata stand dengan setan tampak lebih keren dan menarik. Seperti yang kita ketahui ini adalah aksi yang sangat berbahaya dan biasanya hanya dilakukan oleh para pria. Namun, saat ini bintang dari tong setan adalah wanita. Perkenalkan namanya adalah Karmila Purba, srikandi asal Sumatera Utara yang menyedot perhatian dunia Internasional. Tong setan memang bukan wisata kelas satu. Tong setan memang hanya hiburan rakyat di malam keramaian kota kecil, sedikit demi sedikit mulai tergadaikan dengan layar handpone dengan segudang fiturnya. Lewat Tong setan ini seorang wanita berusia paru baya(18 tahun) berhasil menjadi pusat perhatian di dunia international.

Karmila Purba Si Ratu Tong Setan
Karmila Purba Si Ratu Tong Setan

Pernah jadi anak jalanan dan putus sekolah menengah atas (SMA) tidak membuat Karmila Purba putus asa, dia terus mengasah kemampuannya menjadi lady biker “Tong Setan” dalam sebuah pasar malam. Karmila Purba, perempuan pemberani asal kota Pematang Siantar, bahkan sesekali menunjukkan kemampuan akrobatnya di dalam tong setan. Di hadapan penonton di mampu melepaskan pegangan tangannya dari kemudi motor untuk menyambar uang saweran yang diberikan oleh para penonton.

Di usianya yang masih tergolong muda, 18 tahun, dia bahkan mampu mengirim uang secara reguler pada orang tua yang tadinya sangat menentang pekerjaannya ini.

“Mau apa lagi bang, sudah terlanjur terjun di sini. Mereka mau gak mau harus menerima,” ujar Karmila yang dijumpai usai melakukan atraksinya di Marendal 5, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (18/8/2016).

Karmila Purba Si Ratu Tong Setan
Karmila Purba Si Ratu Tong Setan

Karmila Purba menjadi terkenal di media internasional berkat jasa Dedi Sinuhaji yang kini bekerja di European Pressphoto Agency (EPA). Sementara itu agensi berita EFE milik pemerintah Spanyol menulis:

“The crowds at the traditional night carnival in Deliserdang, North Sumatra, marvel at the daredevil motorbike riders who each night perform daring stunts inside a barrel known as ‘Tong Setan’, or ‘Devil’s Barrel’.”

(Penonton dalam karnaval tradisional di Deliserdang, Sumatera Utara, mengagumi pembalap sepeda motor pemberani yang tampil setiap malam sebagai joki di dalam tong/barrel yang dikenal sebagai ‘Tong Setan’ atau Devil’s Barrel).

Baca juga : Alasan Mengapa Kita Harus Mempertahankan Tor-Tor Milik Suku Batak

Leave a Reply