KIDS ZAMAN NOW HARUSNYA MARSAMBAR (PERMAINAN ANAK ANAK BATAK) BUKAN BERMAIN GADGET

0
1094
views
KIDS ZAMAN NOW HARUSNYA MARSAMBAR (PERMAINAN ANAK ANAK BATAK) BUKAN GADGET

Marsambar merupakan sebuah permainan yang telah turun temurun ada di kehidupan anak-anak di daerah batak. Marsambar juga sudah dapat dikatakan sebagai permainan tradisional. Permainan Marsambar ini biasanya dilakukan ditempat yang luas yaitu lapangan sekolah. Marsambar merupakan sebuah momen yang mempertemukan  anak-anak batak yang jauh rumahnya. Hal itu terjadi karena saat sudah dirumah mereka hanya membantu orang tua mereka dan tidak dapat bermain.

MARSAMBAR
MARSAMBAR

Baca Juga ARTIS YANG MENGGUNAKAN PROSESI PERNIKAHAN BATAK

Marsambar dilakukan dengan 2 tim yang berbeda dimana ada satu yang menjadi tim yang dikejar dan satu lagi tim yang menjadi tim  penangkap. Dapat diibaratkan ada satu tim polisi dan satu lagi tim penjahat. Pada tim yang menjadi penangkap memiliki tempat untuk menahan orang yang mereka tangkap. Dan tempat tersebut mempunyai 1 atau 2 orang penjaga untuk menjaga orang yang telah ditangkap. Namun dalam permainan sambar ini orang yang telah ditangkap dapat dilepaskan oleh teman satu timnya. Jika penjaga orang yang telah ditangkap lengah disitulah satu tim yang tertangkap tersebut menyelamatkan dengan cara menepuk atau menyentuh tangan teman yang telah tertangkap tersebut dengan mengucapkan “SAMBAR” dan setelah itu orang yang telah ditangkap itu dapat bebas dan kembali berlari. Permainan akan selasai jika semua dapat ditangkap dan dikurung dan setelah itu pergantianpun dilakukan dimana tim penangkap menjadi dikejar dan sebaliknya tim yang dikejar menjadi penangkap.

Baca Juga Balada Si Butet dan Ujian Semester

Banyak manfaat permainan ini yaitu :

  1. Melatih Anak untuk bekerja sama bersama timnya
  2. Melatih kelincahan
  3. Dapat menghadapi ketengan dalam dirinya walaupun sedang dikejar
  4. Peduli dengan satu tim

Jadi kids zaman now harus tau bahwa lebih baik melakukan permainan ini daripada hanya bermain gadget yang hanya membuang masa kecil yang penuh dengan keceriaan

Leave a Reply