Mochtar Lubis Jurnalis dan Pengarang Hebat Asal Batak

0
774
views

Mochtar lubis adalah jurnalis dan pengarang hebat kelahiran padang, 7 maret 1922. Moctar lubis sendiri adalah anak dari Bapak Raja Pandapotan Lubis dan Ibu Siti Madinah Nasution. Mochtar sendiri mengawali karirnya dengan turut serta mendirikan kantor berita Antara, kemudian mendirikan dan memimpin harian Indonesia Raya. Pada masa kepemimpinannya, penerbitan harian Indonesia Raya dilarang karena tidak mau berkompromi dengan pemerintah.

Mochtar Lubis adalah sosok riwayat perlawanan dan keteguhan berpegang pada prinsip. Sosok itu semakin membara dimasa kepemimpinannya di harian Indonesia Raya, yang kerap sekali berseberangan  dengan para penguasa. Menjalankan prinsip jurnalisme sebagai pemantau kekuasaan yang independen di masa awal lahirnya dua rezim, justru mempercepat kematian harian Indonesia Raya.

Sejak didirikan harian Indonesia Raya, Indonesia Raya sudah menjadi identik dengan gaya Mochtar sendiri. Suara dari Mochtar sendiri lah yang disuarakan oleh harian tersebut. Suara harian tersebut mewakili watak Mochtar yang tegas, blak-balakan, dan tidak kenal kompromi terhadap pemerintah yang menyalahgunakan kekuasaanya. Mochtar mengambil posisi yang tegas terhadap penguasa otoriter saat kepemimpinannya di harian Indonesia Raya. Karena sikap Mochtar yang tidak mau kompromi ini, di zaman pemerintahan rezim Soekarno dia di jebloskan ke penjara hampir sembilan tahun dan dibebaskan ditahun 1966.Kerja keras Mochtar dimasa dia berkarya telah banyak mengubah pemikiran Indonesia. Sampai akhirnya Mochtar orang batak sang legenda jurnalis ini menyelesaikan tugasnya di dunia dan kembali ke sang penciptanya, di Jakarta, 2 juli 2004 pada umur 82 tahun.

Leave a Reply