Penyebab terjadinya isu begu ganjang dan Dampak dari isu begu ganjang

0
766
views
Penyebab terjadinya isu begu ganjang
Penyebab terjadinya isu begu ganjang

Ada kecenderungan bahwa kekerasan sosial disulut isu “Begu Ganjang” berkorelasi dengan kondisi lingkungan masyarakat. Variabel iri, dengki dan dendam seseorang bisa dilampiaskan lewat sarana isu “Begu Ganjang”. Modus operandi akan lebih efektif bila bersinergi dengan (pengakuan) dukun atau paranormal. Dan diperkuat lagi dengan peristiwa tidak lazim yang terjadi di masyarakat, umpamanya ada hewan atau warga yang meninggal secara mendadak. Dalam banyak kasus terungka dari hasil sidik polisi bahwa faktor kepentingan pribadi lebih mendominasi di balik isu “Begu Ganjang”.

Baca juga Penegakan Hukum Terhadap Praktek Begu Ganjang

Transformasi isu “Begu Ganjang” menuju kekerasan sosial adalah hasil proses dialektika berpikir masyarakat. Mekanisme berpikir mencerminkan bahwa sebagian masyarakat kita belum mampu menangkap realitas objektif yang mengondisikan tekanantekanan sosial. Masyarakat beramai-ramai mencari “kambing hitam” sesuai kehendak bersama, maskipun hasilnya bersifat irasional. Proses pencarian “kambing hitam” telah memunculkan satu persepsi yaitu penciptaan mitos “musuh bersama” yang harus dimusnahkan hingga tuntas.

Baca juga Argumen kosmologis tentang keberadaan begu ganjang

Bertolak dari kerangka psikologi, aksi kebringasan warga dapat digambarkan sebagai “agresi yang dialihkan” (displaced aggression). Pada banyak hal kehidupan diketahui bahwa orang yang mengalami frustrasi tidak dapat mengekspresikan agresi terhadap sumber frustrasi. Kadang-kadang sumber tersebut tidak jelas atau terlampau kuat. Orang itu tidak tahu apa yang akan diserang tapi dia merasa marah dan mencari sesuatu untuk diserang. Bila situasi menghambat serangan langsung terhadap penyebab frustrasi, maka agresi akan dialihkan. Tindakan agresi akan diarahkan pada orang atau objek yang tidak bersalah dan tidak pada penyebab frustrasi yang sebenarnya.

Dampak dari isu begu ganjang
Dampak dari isu begu ganjang

Kemunuculan isu begu ganjang yang terjadi pada masa krisis ekonomi yang serba sulit membuat kesenjangan sosial di dalam masyarakat cukup mencolok. Oleh karena perbedaan ini juga tidak jarang orang saling mendengki, memusuhi dan saling menjatuhkan. Dan hal ini bisa menjadi pemicu rasa saling iri. Harus kita akui, bahwa masih banyak masyarakat di kampong yang masih memendam empat sifat buruk manusia, yaitu Hosom, Teal, Elat, Late (HOTEL). Sehingga mereka dapat dengan mudah disulut kemarahannya oleh pihak-pihak yang berkepentingan, tanpa menggunakan akal sehat, langsung main hakim sendiri.

 

Leave a Reply