PERAN WANITA DALAM KELUARGA ADAT BATAK

0
1714
views
Peran wanita batak
Peran wanita batak

Paham lama menganggap wanita lebih rendah dari pria adalah pengaruh adat Batak yang kurang menghargai wanita, karena wanita dianggap sebagai barang yang bisa dimiliki dan dibeli. Dalam adat Batak fungsi sinamot (emas kawin) atau tuhor ni boru (imbalan untuk memperoleh istri dalam pernikahan) acap kali disalah artikan, dimana perempuan seolah dibeli oleh lelaki.  Namun jika kita lihat lebih dalam paham tersebut tidak pantas untuk digunakan karena dalam adat batak sebenarnya wanita adalah hal yang terpenting. Alasan Wanita batak sangat berguna dalam kehidupan orang batak adalah sebagai berikut:

Wanita Batak Menjadi Pendidik Yang Ulet bagi Anak-Anaknya

WANITA BATAK MENJADI PENDIDIK YANG ULET BAGI ANAK-ANAKNYA
WANITA BATAK MENJADI PENDIDIK YANG ULET BAGI ANAK-ANAKNYA

Baca juga : Alasan Mengapa Kita Harus Mempertahankan Tor-Tor Milik Suku Batak

Stres dan lelah bisa memicu wanita jadi lebih mudah tersulut emosi sehingga bukannya senang, justru terjadi ketegangan. Energi sudah dipakai di luar sampai di rumah ibu  juga harus charge batere dulu supaya mendekati anak tak langsung naik (emosinya) sampai ubun-ubun. Inilah yang sering terjadi bagi seorang ibu, namun bagi wanita batak ini sudah menjadi hal yang lumrah.Karena, wanita batak mampu mengendalikan keadaan, membedakan urusan pekerjaan dan urusan anak. Bagi seorang wanita batak anak-anak itu adalah cinta yang melebihi apapun. Sehingga mereka akan merelakan dirinya lelah, kurang tidur dan menahan sakit demi mendidik anaknya. Setiap hari wanita batak akan selalu mengingatkan anaknya untuk memuliakan Tuhan, menghormati orang tua dan hal baik lainnya.

pekerjaan ibu rumah tangga sudah menjadi makanan sehari hari wanita batak

wanita batak adalah ibu rumah tangga yang baik
wanita batak adalah ibu rumah tangga yang baik

Kita sama-sama tahu kalau pekerjaan rumah selalu menggunung, dan disitulah peran ibu, menyelesaikan semua pekerjaan tersebut seorang diri. Masih ditambah untuk mengurusi anak dan suami setiap hari. Pekerjaan yang jauh dari kata mudah dan tentu saja melelahkan.

Jangan lagi meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga, karena dari sekian banyaknya pekerjaan rumah, mengurus anak dan suami, dia melakukannya tanpa bantuan orang lain. Beruntung memang bila suami mampu mempekerjakan ART, tentu ibu rumah tangga tidak akan menyerahkan semua pekerjaan pada ART-nya, bukan?

Wanita Batak adalah pengatur Ekonomi Keluarga

WANITA BATAK ADALAH PENGATUR EKONOMI KELUARGA
WANITA BATAK ADALAH PENGATUR EKONOMI KELUARGA

Jangan pernah berharap hidup dari belas kasihan orang lain. Apalagi berkhayal bahwa uang akan turun dari langit di pangkuan kita sehingga gak pusing lagi dengan masalah keuangan sehari-hari. Wanita batak sudah memiliki anggaran untuk semua kebutuhan dan ini sudah tertanam di setiap wanita batak semenjak dia di nobatkan sebagai ibu.

Baca juga : Alasan Mengapa Kita Harus Mempertahankan Tor-Tor Milik Suku Batak

Leave a Reply